Viral, Gendang Telinga Pecah karena Sering Menahan Bersin

Diposting pada

Bila sampai mengalami pecah gendang telinga, jelas Jenny, biasanya karena infeksi, “Namanya infeksi telinga tengah atau otitis media.”

Misal, ada pasien batuk dan pilek yang tidak diobati dengan baik, maka tuba di telinganya jadi tersumbat, sehingga tidak berfungsi dengan baik. Kalau tidak bisa berfungsi dengan baik, terjadilah penyempitan tuba atau oklusi.

“Kalau oklusi tuba terjadi, maka fungsi tuba sebagai penyeimbang antara udara luar dan telinga tengah jadi engga seimbang. Jadi, bisa terjadi tekanan engatif di dalam telinga tengah,” kata Jenny.

“Kalau terjadi tekanan negatif, itu kan fungsinya jadi enggak baik. Jadinya bentukan cairannya enggak bisa keluar, susah diserap. Dia bisa menjadi kuman, menjadi sumber kuman, ya hidupnya kuman di situ,” ujarnya menjelaskan.


Berisiko Pecah Gendang Telinga

Kalau jumlahnya sudah terlalu banyak dan tak juga diobati, ini bisa menyebabkan pecahnya gendang telinga.

“Kalau cairannya penuh di dalam telinga tengah, maka dia akan ngedorong, maka bisa pecah gendangnya,” katanya. “Itu yang namanya gendang pecah,” tambahnya.

Kalau kondisi baru terjadi, masih bisa diobati agar segera sembuh. Akan tetapi, jika sudah terlalu lama, diobati saja tidak cukup, harus juga dioperasi.

“Operasi penutupan gendang namanya,” katanya.

Sumber : www.liputan6.com